English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

APA ITU e-Money?

Written By Blogs owner SidikRizal on Kamis, 02 November 2017 | 18.39

PERLUKAH KITA PUNYA E-MONEY?

Pergeseran alat tukar antar manusia dari zaman kuno hingga modern mengikuti peradaban manusia dan selalu tak lepas dari beragam kepentingan dan kebutuhan hubungan interaksi sosial khususnya perdagangan.
Alat tukar dulu yang berbentuk koin logam, seperti uang emas, uang perak lalu menjadi uang tembaga melalui proses yang tidak sebentar. Bahkan ratusan tahun. Demikian pula ketika uang koin berubah menjadi uang kartal, karena masuknya sistem dunia perbankan, ekonomi kapitalistik modern yang menciptakan uang kartal sebagai alat tukar resmi, menunjukkan manusia memang mengikuti pola sistem hubungan sosial kelompok terkuat dan terbesar.
.
Perubahan tak berhenti sampai di situ, kini masuklah uang plastik yang akrab disebut kartu ATM yang bisa digunakan di hampir semua tempat perbelanjaan modern. Bagi usaha dagang yang tidak mengikuti perubahan teknologi transaksi pasar termutakhir ini, maka sama saja dengan ketinggalan dalam persaingan.
.
Lebih parah dan menyeramkan lagi, ketika sistem Ribawi dunia perbankan yang dikuasai kaum Yahudi mulai mengajar dan masuk ke dalam pembuluh darah dunia perdagangan internasional maupun regional, sepertinya tak akan ada yang lolos dari sistem perbankan online, atau e-money.
.
Sementara ada sistem lama semenjak Islam yang dibawa Nabi Muhammad mulai menguasai lebih dari sepertiga pasar perdagangan dunia, yakni sistem muamalah syariah, mulai dilirik warga dunia dan memberikan nilai keberkahan tersendiri setelah dirasakan manfaatnya bbrp dekade terakhir. Sistem ekonomi syariah Islam yang tidak mengandung unsur RIBAWI ini mempunyai alat tukar yang masih dipercaya dan bertahan di puncak nilai asset dunia, yakni mata uang koin emas atau batangan emas. Bahkan kini kian stabil dan tetap bertengger di puncak, meskipun sempat berganti kursi teratas dengan emas hitam, yaitu minyak bumi.
.
Nilai harta dunia yg kini disetarakan dengan mata uang, hanyalah alat ukur sementara dunia selama satu abad terakhir millenial ini. Tapi alat ukur koin emas atau batangan emas, tetap yang dijadikan ukuran transaksi, baik disetujui maupun tidak.
.
Uang elektronik yang juga diikuti dengan uang internet seperti bitcoin, pun mendadak jadi primadona bagi separuh warga bumi, dengan sebutan keren mereka, para netizen, warga dunia maya.
.
Bitcoin, Paypal, paytrend dan lain sejenisnya bisa merupakan harapan sekaligus ancaman yang bisa jadi ukuran, betapa rentannya kiamat dunia modern di masa yang akan datang.
.
Kehidupan fisik dunia nyata seperti dilupakan oleh netizens kaum warga cyber world. Ini yang saya sebut dengan risiko ancaman keruntuhan dunia Maya yang membawa pada perang dunia ke-3. Terlalu absurd jika tidak dijelaskan.
.
Namun hanya dengan sistem perekonomian syariah, yang menghilangkan sistem RIBAWI, maka kaum muslim serta warga dunia, akan selamat dari kolaps nya dunia ketiga. Naudzubillaahi mindzaaliik.
.
#SidikRizal,
Pemerhati komedi dan media sosial.
#dikrizal.

0 komentar:

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. webrizal.com - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger